Sebagai pengguna provider seperti Smartfren, koneksi internet adalah hal yang sangat penting mengingat hampir seluruh aktivitas yang dilakukan saat ini membutuhkan jaringan internet. Ketika koneksi internet Smartfren tidak bisa, pengguna harus segera mengidentifikasi penyebab dan mencari solusinya.

Pada dasarnya, penyebab tidak adanya koneksi terdiri dari berbagai faktor, seperti daerah yang belum terpapar jangkauan internet atau memang sedang terjadi gangguan dari transmisi. Selain itu, mungkin saja terdapat kesalahan di pengaturan yang ada di smartphone sehingga menyebabkan kendala.

Di bawah ini, terdapat cara untuk mengatasi koneksi internet Smartfren yang tidak bisa. Mari, simak dengan baik!

1. Periksa Sisa Kuota dan Masa Aktif

Sebelum mencoba berbagai alternatif untuk mengatasi tidak adanya koneksi, pengguna harus memastikan terlebih dahulu bahwa sisa kuota dan masa aktif dari kartu Smartfren yang digunakan masih ada. Kadang, tidak adanya jaringan diakibatkan oleh kuota habis.

Atau bisa juga apabila masa aktif kartu Smartfren memang sudah berakhir sehingga kartu tersebut sudah tidak bisa menyediakan jaringan internet lagi. Oleh karena itu, periksa secara berkala baik sisa kuota maupun masa aktif lewat aplikasi MySmartfren.

2. Pastikan Sinyal Tetap Baik

Kualitas dari sinyal internet secara keseluruhan memang berpengaruh besar terhadap kelancaran akses tiap provider, tak terkecuali Smartfren. Maka dari itu, penting untuk memastikan terlebih dahulu jangkauan internet di tempat pengguna sudah baik atau masih buruk

Jika pengguna sudah memastikan bahwa di tempat tinggal tidak ada masalah jaringan, pengguna perlu mengecek kembali jaringan yang digunakan di perangkat sudah 4G atau belum karena saat ini Smartfren memprioritaskan sinyal untuk optimal di mode LTE atau 4G.

3. Mulai Ulang Perangkat

Adanya gangguan koneksi juga dapat diakibatkan oleh sistem yang error dalam loading data di perangkat. Pengguna harus waspada dan berhati-hati apabila memang terdapat indikasi lambatnya jaringan akibat smartphone yang mengalami semacam kendala internal dalam sistem.

Apabila terdapat tanda-tanda seperti itu, segera mulai ulang atau restart perangkat pengguna. Biasanya, cara ini ampuh dalam mengatasi masalah error dalam sistem dan membantu smartphone untuk bekerja kembali karena seluruh program dalam sistem disetel ulang.

4. Menonaktifkan Sementara Kartu Smartfren

Sama halnya dengan cara sebelumnya, pengguna perlu mengecek apakah kartu harus disegarkan atau refresh terlebih dahulu untuk mendapatkan kualitas sinyal yang bagus. Melalui cara ini, pengguna dapat melihat adanya sedikit gangguan sementara di kartu provider.

Dengan menonaktifkan sementara melalui fitur Mode Pesawat, pengguna dapat memberikan waktu sedikit bagi kartu untuk memproses data dan mendapatkan koneksi yang bagus kembali. Hidupkan Mode Pesawat untuk menonaktifkan jaringan dan hidupkan lagi untuk melihat hasilnya.

5. Hubungi Customer Service

Jika seluruh cara masih tidak berfungsi untuk mengembalikan koneksi internet seperti semula, pengguna dapat menghubungi Customer Service Smartfren. Bisa saja bahwa memang sedang terdapat gangguan dari pusat jaringan Smartfren sehingga koneksi internet untuk sementara terkendala.

Untuk mengakses Customer Service, pengguna dapat memilih untuk menghubungi lewat telepon, SMS, email, hingga ke galeri Smartfren secara langsung. Solusi akan diberikan oleh Customer Service dalam beberapa saat sehingga jaringan dapat berfungsi secara normal kembali.

Itulah beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengatasi koneksi internet Smartfren tidak bisa. Cukup terapkan cara-cara di atas secara perlahan hingga setiap masalah dapat teratasi dengan baik. Biasanya, memang sedang terjadi masalah koneksi dari pusat.