Sebagai pengguna shopee, pastinya ingin sekali diberikan kebebasan untuk memilih jasa pengiriman sesuai yang diinginkan. Hal ini supaya pengguna bisa memilih mana jasa pengiriman yang sudah dipercaya. Cara mengatur jasa pengiriman di shopee kini sudah cukup berbeda.
Hal ini dikarenakan sekarang jasa pengiriman akan ditentukan oleh shopee tidak seperti dulu yang bebas dipilih. Selain pengguna, penjual juga perlu mengatur jasa pengiriman di shopee agar pengiriman bisa dilayani dengan baik.
Cara Mengatur Jasa Pengiriman Di Shopee Untuk Buyer
Mengatur jenis tipe layanan untuk tiap produk yang dibeli biasanya dilakukan oleh seller. Namun setelah checkout dilakukan nantinya pengguna bisa mengubah sendiri jasa pengiriman lewat langkah-langkah berikut ini:
- Checkout barang yang mau dibeli.
- Pilih opsi pengiriman setiap saat.
- Selesaikan pembayaran dengan metode yang biasa digunakan.
- Setelah selesai, masuk ke menu barang yang dikemas pada bagian belanjaan saya.
- Buka rincian pesanan dan klik pilihan untuk ubah jasa kirim.
- Perubahan jasa kirim ini hanya bisa satu kali jadi pastikan pilih dengan benar.
- Pilih jasa pengiriman terpercaya kemudian klik konfirmasi.
Cara Atur Jasa Pengiriman Untuk Seller
Selain pembeli atau user biasa, seller juga bisa mengatur pengiriman untuk produk yang ada di tokonya. Cara ini dilakukan terkait pengiriman produk yang bisa dilakukan oleh seller yang caranya ada dua jenis.
Dua cara ini nantinya punya langkah yang berbeda jika ingin mengatur tipe layanan yang digunakan pada toko online seller. Adapun dua cara yang ingin dijelaskan adalah sebagai berikut:
1. Atur Jasa Pengiriman Lewat Seller Centre
Seller bisa mengajukan pengaturan pengiriman lewat seller centre. Untuk menyajikannya seller bisa untuk menuju ke halaman web centre yang ada di internet halaman resmi shopee.
Shopee sendiri sengaja menghadirkan fitur ini untuk bisa diakses tanpa perlu menggunakan aplikasi dari HP. Namun tetap untuk melakukannya dibutuhkan akun shopee yang didalamnya terdapat toko yang digunakan berjualan.
- Masuk dengan akun shopee seller.
- Masuk ke bagian produk saya setelah memasuki halaman utama.
- Lanjut lagi ke menu ubah untuk satu produk yang ingin diatur layanan ekspedisinya.
- Pengguna akan diarahkan menuju halaman berisi rincian produk dan pilih saja jenis pengiriman yang disukai.
- Lanjutkan lagi mengaktifkan tipe layanan yang ingin digunakan pada produk yang sepuluh dan geser ikonnya sampai jadi warna hijau.
- Klik update setelah menyetujui perubahan yang dilakukan.
2. Atur Jasa Pengiriman Lewat Aplikasi
Selain lewat web atau laman resmi dari shopee seller centre, penjual juga bisa mengatur tipe layanan pengiriman lewat aplikasi bawaan shopee. Langkah yang dilakukannya untuk cara atur jasa pengiriman di shopee juga sangat sederhana seperti berikut.
- Instal terlebih dahulu shopee di smartphone.
- Login dengan akun shopee yang dipakai berjualan.
- Pilih menu saya di bagian bawah kanan aplikasi shopee.
- Masuk ke menu yang didalamnya bertuliskan produk saya.
- Nantinya akan muncul serangkaian daftar dari produk yang sudah di post sebelumnya.
- Klik produk mana yang ingin diatur jenis pengirimannya.
- Pilih ongkos kirim dan geser ikon centangnya jadi warna hijau.
- Update hasilnya agar pengaturan ini tersimpan.
Setelah selesai tunggu beberapa waktu untuk statusnya bisa berubah di pengiriman paket. Jika masih belum berubah juga coba bisa langsung tanyakan kepada pihak Shopee.
Nah itulah sedikit informasi terkait dengan cara mengatur jasa pengiriman di Shopee. Sebagai pengguna dan juga seller di shopee kenyamanan pengiriman di jasa yang terpercaya adalah hal yang penting sehingga akan lebih nyaman untuk mengaturnya sendiri.