Apa yang terjadi jika saldo gopay tidak masuk? Jangan khawatir, terdapat banyak cara mengatasi saldo gopay tidak masuk. Mengisi saldo Gopay sebenarnya sangat mudah.
Terdapat banyak cara seperti top up melalui m-banking, mitra gojek, One Klik, ATM, minimarket seperti Alfamart dan lain sebagainya. Sebenarnya pengisian saldo relatif aman dan resiko gagal sangat sedikit.
Akan tetapi masalah saldo yang tidak masuk dapat terjadi dalam situasi tertentu akibat beberapa hal.
Alasan Saldo Gopay Tidak Masuk
Sebelum membahas cara mengatasi saldo gopay tidak masuk, akan lebih baik jika pembaca tahu apa saja yang menyebabkan hal itu terjadi. Setidaknya ada tiga alasan, diantaranya sebagai berikut:
1. Gangguan Jaringan
Alasan pertama sangat umum terjadi yaitu terdapat gangguan jaringan baik pada sistem gojek ataupun koneksi internet. Periksa kembali apakah koneksi internet mengalami kendala.
2. Salah Memasukkan Nomor
Kesalahan saat memasukkan nomor telepon juga umum ditemukan. Mohon teliti dan hati-hati saat memasukkan nomor. Saldo tidak akan masuk jika nomor tidak sesuai, oleh karena itu cek kembali sebelum mengisi saldo.
3. Proses Top Up Gagal
Saat proses top up gagal, transaksi akan gagal secara otomatis. Hal ini kembali lagi ke poin satu dan dua ya. Pengguna diharuskan teliti dan periksa kendala umum seperti internet sebelum melakukan pengisian saldo.
Cara Mengatasi Saldo Gopay Tidak Masuk
Lalu bagaimana cara mengatasi masalah yang timbul di atas? Gojek sendiri telah memberikan jawaban terkait masalah ini. Berikut adalah empat cara mengatasi saldo gopay tidak masuk, antara lain:
1. Cek Nomor Tujuan
cara mengatasi saldo gopay tidak masuk yang pertama adalah periksa dan pastikan nomor telepon tujuan benar. Transaksi top up Gopay dilakukan dengan nomor telepon, jadi harus pastikan tidak ada satupun angka yang terlewat atau salah.
2. Cek Riwayat Saldo
Jika nomor yang dipakai sudah sesuai namun transaksi masih gagal, pengguna bisa cek riwayat saldo Gopay di dalam aplikasi; jika top up sudah berhasil, maka akan otomatis tercatat pada halaman tersebut.
3. Perhatikan Batas Maksimal Saldo
Jumlah uang yang akan di top up ke dalam akun tidak melebihi batas. Gojek memberikan batas senilai 2 juta rupiah untuk akun biasa, dan 10 juta rupiah untuk akun gojek premium yang sudah di upgrade.
4. Refresh aplikasi Gojek
Cara merefresh yang pertama bisa dengan menutup lalu membuka kembali aplikasi Gojek. Jika dengan itu transaksi pengisian saldo masih mengalami kendala, pengguna bisa menghapus cache di pengaturan ponsel.
Cache dalam setiap aplikasi akan semakin menumpuk seiring berjalannya waktu. Jika tidak dibersihkan secara rutin, hal ini bisa mempengaruhi kinerja aplikasi atau bahkan ponsel secara keseluruhan.
5. Mohon Tunggu
Sabar adalah kunci. Gojek menganjurkan kepada pengguna untuk menunggu selama 2×24 jam. Bisa saja saldo membutuhkan waktu untuk masuk. Selama waktu itu pengguna dapat mencoba cara-cara yang telah dibahas sebelumnya.
6. Hubungi Customer Service
Pengguna dapat melapor melalui halaman bantuan yang bisa ditemukan dalam menu profil di aplikasi Gojek dengan mengklik Hubungi Kami. Selain itu pengguna bisa menghubungi customer service melalui e-mail [email protected] atau telepon di 021-50849000.
Seperti itulah pembahasan mengenai cara mengatasi saldo gopay tidak masuk ke dalam akun. Pastikan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar masalah seperti ini bisa dihindari.