Tidak sedikit pengguna akun Shopee yang mengeluh bahwa akun mereka tiba-tiba tidak dapat diaktifkan. Namun, jika memahami cara mengaktifkan akun Shopee yang dinonaktifkan tanpa tahu alasannya, maka keluhan tersebut seharusnya dapat segera teratasi.
Seringkali penjual atau pembeli melalui akun Shopee mengalami penonaktifan akun dikarenakan melakukan sesuatu yang dilarang. Jadi, sebaiknya baca pedoman komunitas Shopee dengan baik agar tidak terjadi pelanggaran. Namun, jika akun terlanjur dinonaktifkan, inilah cara mengatasinya.
Mengaktifkan Akun Shopee dengan Cara Mengirim Email
Cara mengaktifkan akun Shopee yang dinonaktifkan yang pertama adalah dengan mengirimkan email ke bagian support. Email tersebut nantinya akan berisi keluhan tentang kendala login ke akun. Bagi yang penasaran, bisa simak langkah-langkahnya di bawah ini:
- Gunakan email untuk menulis pesan. Email tersebut harus terdaftar di akun Shopee.
- Kirim pesan tersebut ke help@support.shopee.co.id. Dapat juga dikirim ke support@shopee.co.id.
- Ketika menulis judul email, tulis judul yang sesuai dengan permasalahan yang dialami. Contohnya: MASALAH AKUN DINONAKTIFKAN atau GAGAL LOGIN KE AKUN SHOPEE. Dapat juga digunakan kata-kata lain yang maksudnya serupa.
- Pada bagian isi pesan, jelaskan secara detail tentang permasalahan yang dialami. Lengkapi juga dengan data akun. Tujuannya agar tim support terbantu menemukan akun yang bermasalah. Namun, jangan sesekali memberikan kode password.
- Lampirkan screenshot pada saat notifikasi error ketika melakukan
- Periksa kembali dengan teliti data-data yang akan dikirim.
- Silakan kirim email tersebut.
- Pastikan email sudah terkirim. Lakukan pengecekan di deretan pesan terkirim (Sent).
- Balasan akan datang beberapa menit kemudian. Isi balasan biasanya berupa konfirmasi penerimaan pesan atau permintaan. Email balasan pertama ini sifatnya hanya pemberitahuan dan tak perlu dibalas.
- Tim Shopee nanti akan mengirim email balasan berikutnya. Ikuti arahan tim support Shopee tersebut.
Mengaktifkan Akun Shopee dengan Cara Menghubungi Call Center
Menghubungi call center Shopee adalah cara mengaktifkan akun Shopee yang dinonaktifkan yang berikutnya. Melalui call center, pengguna dapat berbicara langsung dengan customer service (CS) Shopee tentang masalah yang dialami.
Biaya untuk menelepon ke call center Shopee adalah sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah. Harga tersebut merupakan biaya untuk melakukan satu kali telepon dalam waktu singkat. Singkatnya, CS Shopee akan menanyakan hal-hal seperti berikut, simak di bawah ini:
- Status Bapak/Ibu sebagai penjual ataukah sebagai pembeli?
- Sebutkan username akun yang dinonaktifkan.
- Sebutkan nomor telepon yang digunakan ketika mendaftarkan akun tersebut.
- Alamat email apa yang digunakan untuk membuat akun tersebut?
- Kemudian, akan diajukan juga berbagai pertanyaan lain terkait dengan akun yang mengalami masalah gagal login atau akun yang dinonaktifkan.
- Setelah data-data yang diminta telah dilengkapi, CS Shopee akan meminta waktu untuk memproses data-data yang telah dilengkapi oleh pengguna.
- CS akan meminta pengguna menunggu email selanjutnya dari tim shopee.
- Pada email lanjutan dari CS Shopee akan diminta beberapa data pribadi. Contohnya, nama pemilik akun Shopee. Kemudian, data seperti foto asli KTP (Kartu Tanda Penduduk), nomor KTP (NIK), dan bukti berupa screenshot terkait kendala yang dialami juga akan diminta.
Seringkali orang salah paham tentang akun Shopee yang dinonaktifkan. Dinonaktifkan maksudnya adalah operator Shopee tidak menghapus akun dari sistem Shopee. Dia hanya menutup akses pemilik. Jika memahami cara mengaktifkan akun Shopee yang dinonaktifkan, akun Shopee dapat dipergunakan kembali.
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan