Banyak pengguna wa bisnis yang sedang mencari informasi mengenai cara membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis. Hal ini tidak mengherankan mengingat banyak pengguna media sosial yang mengandalkan aplikasi ini.
WhatsApp Bisnis membuktikan diri sebagai alat yang sangat berguna bagi para pelaku usaha dalam meningkatkan efisiensi layanan bisnis mereka.
Meskipun telah banyak wirausaha yang menggunakan WhatsApp Bisnis, sayangnya masih banyak yang belum familiar dengan langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur pesan otomatis ini.
Bagi mereka yang mungkin merasa kebingungan, tidak perlu khawatir karena akan dijelaskan langkah-langkahnya dengan cara yang sangat mudah dipahami. Berikut adalah panduan praktis untuk mengoptimalkan fitur pesan otomatis di WhatsApp Bisnis.
Mendownload dan Melakukan Konfigurasi Aplikasi WhatsApp Bisnis
Untuk membuat pesan otomatis di WhatsApp Bisnis, langkah pertama adalah mengunduh aplikasi melalui Play Store menggunakan koneksi internet. Pastikan aplikasi yang diunduh adalah versi resmi dengan logo berwarna hijau yang menampilkan huruf besar B, menunjukkan keaslian aplikasi.
Setelah berhasil mengunduh, lakukan penyetelan awal terhadap akun dengan mengisi informasi bisnis. Proses ini membantu meningkatkan profesionalitas akun bisnis pengguna dengan mengisi username, memilih kategori, memberikan deskripsi, alamat bisnis, jam operasional, situs web, dan informasi direktori mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
Cara Membuat Pesan Otomatis Di Whatsapp Bisnis
Cara pembuatan pesan otomatis di whatsapp bisnis tampaknya perlu diketahui oleh para penggunanya yang sebagian besar menggunakan apps itu untuk berjualan. Hal itu dikarenakan pengguna tidak selalu bisa selalu on untuk membalas pesan. Nah berikut cara yang bisa dilakukan:
1. Manfaatkan Pesan Otomatis Melalui Fitur Away Message
Fitur Away Message berguna untuk merespons pesan dari pelanggan ketika pengguna tidak aktif. Dalam beberapa langkah mudah:
- Ketuk tiga titik di ujung kanan, lalu pilih messaging tools pada business tools.
- Aktifkan fitur Away Message dan sesuaikan pengaturannya.
- Buat pesan seperti Terima kasih atas pesan Anda, kami sedang istirahat, akan merespon secepatnya.
- Atur jadwal pengiriman pesan untuk memastikan pelanggan mendapatkan tanggapan tepat waktu.
2. Buat Pesan Sambutan Otomatis Melalui Greeting Message
Fitur Greeting Message membantu memperkenalkan bisnis melalui kalimat penyambutan yang ramah. Caranya:
- Aktifkan Greeting Message.
- Edit kalimat sambutan, misalnya, Terima kasih telah menghubungi Zara Store.
- Sesuaikan penerima pesan untuk personalisasi yang lebih baik.
3. Gunakan Quick Replies untuk Pesan Otomatis
Fitur Quick Replies memungkinkan pengguna merespons cepat pertanyaan pelanggan dengan menyiapkan kalimat-kalimat yang sering digunakan. Selain itu, tersedia emotikon dan media untuk meningkatkan interaksi dan penjualan.
4. Manfaatkan Pesan Otomatis dengan Label Message
Fitur Label Message menyediakan berbagai pilihan label untuk pengelompokan pesan dengan mudah. Beberapa label termasuk new customer, new order, dan pending payment, membantu pengguna mengklasifikasikan pesan tanpa kebingungan.
- Pilih label sesuai kebutuhan, seperti new customer atau pending payment.
- Warna label dapat diatur untuk memudahkan pengenalan dan pengelompokan.
- Pengguna dapat menambah label sesuai preferensi tanpa harus terbatas pada label yang sudah ada.
Nah demikianlah itu tadi pembahasan tentang cara membuat pesan otomatis di whatsapp bisnis yang bisa diketahui. Jadi bagi para pengguna wa bisnis sekarang tidak perlu membuat pesan secara manual lagi karena ada cara-cara yang bisa dilakukan diatas.
Dengan cara-cara tersebut pengguna dapat membuat pesan di wa bisnis secara otomatis dan dapat langsung menyebarkannya. Tentu ini akan menghemat waktu serta lebih efektif serta efisien.