Cara membuat invoice di excel sudah bisa dilakukan dengan mudah oleh para pemilik usaha kecil. Invoice sendiri merupakan lembar bukti transaksi dua pelaku usaha atau lebih.
Hal ini penting karena menyangkut bukti tagihan pembayaran yang juga harus mencantumkan keterangan setiap tagihan yang masuk dan keluar. Invoice dapat membantu pelaku usaha untuk melakukan cek sekarang berkala untuk setiap transaksi.
Microsoft excel menjadi aplikasi yang bisa membantu pelaku usaha untuk membuat invoice sendiri secara mudah dan cepat. Pembuatan invoice dapat dilakukan dengan menggunakan template dari Excel dan template yang dibuat sendiri.
Tata Cara Membuat Invoice dari Template Excel
Excel telah menyediakan fitur tersendiri yang berisi Template Invoice untuk bisa digunakan oleh pengguna. Cara membuat invoice di excel dengan template bawaan sangatlah mudah dilakukan dan tidak perlu terlalu ribet memasukkan keterangan satu per satu. Template tersebut juga bisa dipersonalisasi sesuai kemauan pengguna.
- Pilih Template Excel. Pengguna dapat menggunakan template yang disediakan Excel dengan pilih menu file > New > Klik template invoice > lalu pilih template yang sesuai dengan keinginan pengguna. Ada beragam pilih template invoice yang telah disediakan oleh Excel. Jika sudah memilih yang diinginkan bisa klik 2 kali.
- Edit dan Sesuaikan Invoice Excel. Setelah invoice sudah tampil di worksheet excel, pengguna bisa langsung edit disesuaikan sesuai kebutuhan pada invoice. Pastikan bahwa semua elemen invoice telah terpenuhi pada halaman invoice di worksheet berupa nama perusahaan, nama klien, tanggal jatuh tempo, nomor invoice, dan sebagainya.
- Simpan dan Kirimkan Invoice. Jika invoice telah disesuaikan sesuai kebutuhan maka pengguna bisa langsung menyimpan hasil invoice pada perangkat dan bisa langsung dibagikan kepada penerima invoice.
Tata Cara Membuat Invoice dengan Template Sendiri
Excel memberikan kemudahan fitur bawaan template invoice yang bisa digunakan dan diunduh dengan mudah namun tidak menutup kemungkinan template yang disediakan tidak bisa sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Maka pengguna bisa juga membuat template invoice sendiri di excel sesuai kebutuhan dan keinginan.
- Buat New Worksheet dan Hapus Gridlines. Pertama-tama pengguna dapat membuat new worksheet dan menghapus gridlines untuk mempercantik tampilan dengan masuk menu layout dan hapus centang gridlines. Secara otomatis gridlines sudah terhapus pada new worksheet.
- Buat Header Invoice dan Keterangan Informasi Klien. Setelah tampilan worksheet telah kosong maka masukkan elemen header invoice yang berisi kata “invoice”, nama dan kontak bisnis, serta logo bisnis jika ada. Maka untuk memperjelas invoice bisa tambahkan sisi kanan invoice dengan tanggal jatuh tempo invoice dan nomor invoice yang unik. Lalu tulis rincian kontak klien berupa nama, nomor telepon, alamat, dan kota untuk memperjelas siapa penerima invoice.
- Buatlah Daftar Layanan dan Produk. Selanjutnya pengguna bisa menambahkan isi di dalam invoice berupa nama dan deskripsi produk, harga per unit, jumlah yang dibeli, diskon dan pajak, subtotal untuk setiap lini produk, dan jumlah total. Untuk mempermudah pembaca, pengguna bisa membuat tabel dan memasukkan setiap deskripsi produk.
- Simpan dan Kirimkan Invoice. Langkah selanjutnya adalah menyimpan hasil kerja dengan klik menu file dan pilih save as dan simpan hasil invoice pada folder yang diinginkan. Selanjutnya klik save dan invoice sudah tersimpan dan siap dikirim.
Terdapat dua cara membuat invoice di excel dengan menggunakan template bawaan yang telah disediakan oleh excel dan juga dengan template yang bisa dibuat sendiri oleh pengguna. Adanya pembuatan invoice ini akan sangat memudahkan para pelaku usaha dalam mencatat setiap transaksi yang terjadi pada usahanya.
Tinggalkan Balasan Batalkan balasan