Pada zaman sekarang ini rasanya memulai bisnis sudah semakin mudah saja. Begitu banyak penyedia modal yang bisa dipilih. Media pemasarannya juga mudah yaitu lewat platform-platform online.

Berbisnis lewat online membuatmu tidak memerlukan yang namanya toko atau stok barang banyak. Meski begitu tetap harus ada beberapa divisi yang dibentuk agar bisnis berjalan lancar. Berikut adalah beberapa divisi yang perlu dibuat dalam bisnis online.

Divisi Dalam Bisnis Online

Sama seperti perusahaan besar, bisnis online yang terlihat sederhanapun juga memerlukan beberapa divisi. Tujuannya agar pekerjaan lebih mudah dikerjakan dan bisnis bisa berjalan dengan baik. Umumnya tiap divisi memang telah memiliki tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Berikut beberapa divisi yang perlu dibuat dalam bisnis online.

Manajer

Dalam bisnis online toko baju manajer posisinya bisa juga seorang kepala toko. Tanggung jawabnya memastikan keberlangsungan semua kegiatan dalam perusahaan berjalan baik. Memimpin, mengatur, serta memberikan bimbingan serta arahan organisasi atau perusahaan. Selain kepala toko dalam bisnis online posisi manajer biasanya juga bisa dipegang pemilik langsung.

Purchasing

Pada jenis toko online retail biasanya akan ada divisi yang bertugas memilih supplier dan membeli barang untuk dijual. Tugas divisi pembelian adalah sebagai berikut:

  • Mencari produk laku berdasarkan hasil riset, sekaligus mencari pemasok serta bernegosiasi tentang harga.
  • Memilih pemasok yang terbaik untuk perusahaannya yang akan diajak berkerjasama dalam jangka panjang
  • Membeli dan menjaga stock barang dalam perusahaan aman
  • Melakukan evaluasi pemasok yang telah bekerjasama dengan perusahaan.

Pemasaran

Divisi selanjutnya yang harus ada dalam bisnis online adalah marketing atau pemasaran. Biasanya bagian pemasaran dalam bisnis online biasa disebut admin dan pekerjaannya juga dibantu oleh customer service. Beberapa job description divisi pemasaran adalah sebagai berikut:

  • Posting produk disemua lapak online yang dipunyai. Bisa shopee, lazada, bukalapak, ataupun tokopedia.
  • Membuat review produk yang langsung diarahkan ke link pembelian di toko online yang dipunyai.
  • Melakukan promosi produk di lapak online serta bertanggung jawab terhadap sistem promosinya.
  • Mempersiapkan rencana penjualan produk yang isinya mencakup permintaan konsumen.

Keuangan

Divisi keuangan juga merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam bisnis. Orang dalam divisi ini memiliki tanggung jawab mengatur keuangan perusahaan. Menginput segala macam transaksi keuangan perusahaan baik masuk ataupun keluar. Mereka juga harus menyajikannya ke dalam laporan keuangan agar bisa dilihat apakah bisnis mengalami laba atau rugi.

Bagian Gudang

Warehouse atau bagian gudang juga sangat diperlukan karena tanpa mereka tidak ada yang mengatur penempatan barang stock. Bagian gudang jugalah yang nantinya mengatur bongkar muat barang serta quality controlnya.

Bagaimana tidak serumit yang dbayangkan ya divisi dalam bisnis online itu? Agar bisnis lancar semua divisi harus saling bekerjasama dan memiliki tanggung jawab terhadap job desknya. Nah, kali ini sampai disini dahulu ulasan menariknya semoga bermanfaat.