Berbisnis itu tidak bisa asal-asalan saja jika ingin sukses dan awet. Kamu harus mempelajari ilmunya dengan benar dan mempraktekkannya dengan sungguh-sungguh.

Ketahui Pengertian Segementasi, Positionig, Targeting Dan Differensiasi Produk

Meski pada realisasinya praktek lebih sulit dari teori, tapi setidaknya ada pedoman jika kamu paham ilmunya. Salah satu ilmu yang harus kamu tahu adalah megenai Segmentasi, Positioning, Targeting, Dan Differensiasi.

Segmentasi Produk

Merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk memproduksi layanan produk atau jasa yang variatif sesuai dengan customer base. Segmentasi tujuannya menciptakan mekanisme untuk mendstribusikan resiko tinggi penjualan akibat adanya target market berseberangan.

Diharapkan dengan adanya segmentasi produk resiko salah sasaran bisa diminimalisir. Segementasi produk banyak dipakai oleh brand besar seperti General Motor, Apple, dan Samsung.

Positioning Produk

Positioning produk adalah sebuah skenario pemasaran yang tujuan dibuatnya untuk membangun kesan konsumen. Positioning lebih mengarah ke pandangan produk di mata konsumen itu seperti apa.

Jadi, semakin produk tersebut memiliki kesan tersendiri dibenak konsumen maka semakin tinggi pula kesempatan mereka untuk menjadi loyal. Agar lebih menarik kamu bisa menjanjikan sebuah penawaran kepada konsumenmu.

Targeting Produk

Targeting produk itu tujuannya adalah untuk menentukan target pasar paling potensial setelah sebelumnya dilakukan segementasi. Ada beberapa aspek yang sering digunakan pada targeting seperti, ukuran pasar, uang, perbedaan, dapat diakses dan fokus pada manfaat yang berbeda.

Ukuran pasar maksudnya disini pasar ukurannya harus cukup besar agar bisa mengakomodasi segmentasi dan targeting. Tetapi resiko pasar yang terlalu besar juga akan menimbulkan banyak persaingan.

Differensiasi Produk

Adalah upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk membedakan produknya dari produk pesaing. Biasanya tujuan dari differensiasi ini adalah meningkatkan peluang loyalitas merek dan pertumbuhan bisnis.

Selain itu tujuan lain dari dfferensiasi adalah membuat perbedaan suatu produk dengan mengembangkan atau melakukan modifikasi. Beberapa perusahaan membuat differensiasi dengan membedakan kualitasnya dari produk sejenis.

Diferensiasi yang baik itu setidaknya harus memiliki kriteria seperti berikut, produknya tidak mudah ditiru pesaing dan memiliki keunggulan tersendiri. Aspek seperti sesuai kepentingan konsumen, terjangkau dan tentunya menguntungkan perusahaan juga harus dipikirkan.

Jadi dalam berbisnis itu ternyata tidak boleh asal-asalan jika ingin berjalan dengan lancar. Karena jika dilakukan dengan setengah hati ditakutkan malah bukan keuntungan yang draih tapi kebangkrutan.

Maka dari itu ilmu itu juga penting seperti ilmu mengenai Segmentasi, Positioning, Targeting dan Differensiasi ini. Meskipun dalam prakteknya lebih sulit  tetapi ketika ada ilmu setidaknya ada pedoman untuk melangkah.

Penutup

Nah, bagaimana sangat menarik bukan ulasannya kali ini? demikian dahulu ya semoga bermanfaat dan bisa membantu.